"Apabila Engkau sedikit berdzikir (mengingat Allah SWT di dunia) niscaya sedikit pula kesempatanmu memandang-Nya dan kedekatanmu pada-Nya di akhirat." (Al Habib Umar bin Hafidz)


Sabtu, 08 Oktober 2011

13. Sanad Akhlaq

Dari Forum Tanya Jawab www.majelisrasulullah.org
27 Mei 2008

From: Adhi
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Hb. Munzir yang dimuliakan Allah swt, semoga saat ini Ayahanda dalam keadaan sehat wal afiat.
Karena ananda baru memjadi member MR jadi banyak yang belum tau dan banyak juga pelajaran-pelajaran jauh tertinggal yang belum ananda dapatkan. Karena itu ada beberapa yang ingin ananda tanyakan pada Ayahanda Habib, seperti:
1. Sanad Hadits Bimbingan Akhlak
2. Sanad Mahabbah
Apakah maksudnya sanad-sanad tersebut dan apakah ia merupakan amalan bacaan yang diwirid selepas sholat, dan apakah hikmahnya bagi yang telah mendapatkan ijazahnya, juga bagaimana kaifiyah amalannya?
Mohon berkenan Ayahanda Habib mengijazahkan pula kepada ananda seperti saudara kita di MR sebelumnya. Dan jika tidak memberatkan ananda mohon dilampirkan versi arabnya.
Demikian, mohon doa dari Ayahanda Habib untuk kami sekeluarga agar ilmu yang ananda dapatkan menjadi barokah dan tetap itiqomah dalam menjalankan perintah Allah swt.
Wassalamu'alaikum,
Adhi Rahmat

Re: Habib Munzir al Musawa
alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh
Rahmat dan Anugerah Nya swt semoga selalu menerangi hari-hari Anda dengan kebahagiaan
Saudaraku yang kumuliakan,
Sanad adalah untaian periwayat atau untaian guru, misalnya hadits Rasul saw diriwayatkan dari A, yang ia dengar dari B, yang B dengar dari C. Nah... inilah sanad.
Sanad adalah untaian murid ke gurunya hingga Rasulullah saw.
Kita Ahlussunnah Wal Jamaah akan terus terjaga selama sanad ini dilestarikan. Kita mencari Guru yang shalih dan mengamalkan sunnah Nabi saw, maka kita menjadikannya Guru panutan kita, yaitu dengan betul-betul selektif memilih guru yang benar-benar kita yakini ia mengikuti sunnah, mencintai Rasul saw, dan merupaan orang yg shalih dan luas ilmu.
Setelah kita mendapatkannya maka pilihlah di antara mereka yang punya sanad kepada Rasul saw. yaitu mereka yang berguru pada orang yang lebih mulia dari mereka, lebih shalih, lebih luas ilmunya, lebih mengamalkan sunnah, yang guru dari gurunya pun demikian. Inilah sanad guru.
Sanad Bimbingan Akhlak adalah ajaran Rasul saw mengajari sahabat yang merupakan murid beliau saw dengan pengajaran yang seksama, hingga mereka benar-benar mengikuti seluruh gerak-gerik Rasul saw dan akhlak Rasul saw. Lalu sahabat Rasul saw mempunyai murid pula, yang digembleng dengan akhlak dan budi pekerti mulia pula, demikian sanad itu masih dilestarikan.
Saya mempelajari budi pekerti guru saya, dan semua gerak gerak beliau sesuai sekali dengan budi pekerti Rasul saw yang saya temukan di buku-buku hadits. Maka saya mengikuti akhlak beliau dan budi pekerti beliau untuk menyambung sanad akhlak kepada Nabi saw. Lalu barulah saya mendapatkan sanad akhlak ini.
Ijazah sanad akhlak bisa saja disampaikan pada siapa saja sebagai hubungan batin/hubungan ruh dengan Rasul saw dan para guru-guru penerus beliau saw hingga kini, namun tentunya mengenai budi pekerti dan akhlak yang dhohir mestilah kita mempelajarinya dengan melihat gerak-gerik akhlak guru kita.
Ijazah adalah izin untuk mengamalkan sesuatu, dan Ijazah juga merupakan bersambungnya hubungan batin antara yang mengijazahkan pada yang diijazahkan.
….
Mengenai tulisan arabicnya… duh… Saya sibuk sekali, Insya Allah jika ada waktu saya tuliskan, namun saat saat ini saya sangat sibuk sekali.
SANAD BIMBINGAN AKHLAK
Sanad akhlak ini sekaligus sanad guru saya. (*untuk sanad ilmu beliau yang lainnya bisa dilihat di Buku “Kenalilah Aqidahmu 2”)

Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh guruku Al Allamah Al Habib Umar bin Hafidh maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Dan guruku yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh guruku Al Allamah Alhabib Abdulqadir bin Ahmad Assegaf, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh guruku Al Allamah Alhabib Abdullah bin Umar Assyatiri, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh guruku Al Allamah Alhabib Ali bin Muhammad Alhabsyi (simtuddurar), maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh guruku Al Allamah Alhabib Abdurrahman Almasyhur (shohibulfatawa), maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata: Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh guruku Al Allamah Alhabib Abdullah bin Husein bin Thohir, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh guruku Al Allamah Alhabib Umar bin Seggaf Assegaf , maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata: Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh guruku Al Allamah Alhabib Hamid bin Umar Ba’alawiy, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh guruku Al Allamah Alhabib Ahmad bin Zein Alhabsyi, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh guruku Al Allamah Alhabib Abdullah bin Alawi Alhaddad (shohiburratib), maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh guruku Al Allamah Alhabib Umar bin Abdurrahman Alattas (Shohiburratib), maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh guruku Al Allamah Alhabib Husein bin Abubakar bin Salim, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Alhabib Abubakar bin Salim (fakhrulwujud), maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Alhabib Ahmad bin Abdurrahman Syahabuddin, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Alhabib Abdurrahman bin Ali (Ainulmukasyifiin), maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Alhabib Ali bin Abubakar (assakraan), maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Alhabib Abubakar bin Abdurrahman Assegaf, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Alhabib Muhammad Mauladdawilah, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Alhabib Ali bin Alwi Alghayur, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Faqihilmuqaddam Muhammad bin Ali Ba’alawiy, maka sebaik baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Ali bin Muhammad Shahib Marbath, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Muhammad Shahib Marbath bin Ali, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Ali Khali' Qasam bin Alwi, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Alwi bin Muhammad, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Muhammd bin Alwi, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Alwi bin Ubaidillah, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh guruku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Ubaidillah bin Ahmad Almuhajir, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Ahmad Almuhajir bin Isa Arrumiy, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Isa Arruumiy bin Muhammad Annaqib, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Muhammad Annaqib bin Ali Al Uraidhiy, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Ali Al Ureidhiy bin Jakfar Asshadiq, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Jakfar Asshadiq bin Muhammad Albaqir, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Muhammad Albaqir bin Ali Zainal Abidin, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Ali Zainal abidin Assajjad, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Husein ra, maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : Aku dibimbing pengajaran akhlak oleh ayahku sekaligus guruku Al Allamah Al Imam Ali bin Abi Thalib kw maka sebaik-baik bimbingan akhlak adalah bimbingan akhlak yg diajarkan padaku,
Yg berkata : AKU DIBIMBING PENGAJARAN AKHLAK OLEH GURU MULIA SAYYIDINA RASULILLAH SAW, MAKA SEBAIK-BAIK BIMBINGAN AKHLAK ADALAH BIMBINGAN AKHLAK YG DIAJARKAN PADAKU,
Yg bersabda Rasulullah saw : AKU DIBIMBING PENGAJARAN AKHLAK OLEH TUHANKU, MAKA SEBAIK-BAIK BIMBINGAN AKHLAK ADALAH BIMBINGAN AKHLAK YG DIAJARKAN PADAKU.
** Telah diijazahkan oleh Assayyid Alhabib Adnan Assegaf dan Habib Munzir Almusawa kepada hadirin di Majelis Rasulullah saw, Masjid Raya Almunawar, Pancoran Jakarta Selatan Dzulkaidah 1427 H/ Desember 2006

Ingin membaca cerita lainnya?
Klik KEMBALI KE DAFTAR ISI

4 komentar:

elza mengatakan...

aku tersesat, aku ingin kembali Ampuni aku
aku mohon padaMu Yaa Allah beri aku petunjuk dan hidayahmu.

elza mengatakan...

ingin ku memelukmu aku rindu, bimbing aku Yaa Rasulullah, aku takut

elza mengatakan...

Ayah habib aku ingin bertemu denganmu dan berkumpul bersma-sama sambil bezikir

Shofa el Farozdaq mengatakan...

semoga kebahagiaan dan kesejukan rahmat-Nya semoga selau menaungi hari-hari Anda saudaraku

Posting Komentar