"Apabila Engkau sedikit berdzikir (mengingat Allah SWT di dunia) niscaya sedikit pula kesempatanmu memandang-Nya dan kedekatanmu pada-Nya di akhirat." (Al Habib Umar bin Hafidz)


Sabtu, 08 Oktober 2011

9. Cincin di Jari kelingking

Dari Forum Tanya Jawab www.majelisrasulullah.org
22 Juni 2006

From: Jii
Assalamu'alaikum
Semoga habib dalam lindungan ALLAH SWT dan dalam keadaan sehat selalu. Amin
….
Sebelumnya saya mohon maaf beribu-ribu maaf kepada Habib kalu pertanyaan saya kurang pantas. Begini Habib, saya melihat Habib memakai cincin di jari kelingking, lalu saya juga melihat banyak jama'ah Majelis Rasulullah juga memakainya. Yang mau saya tanyakan apa mereka hanya ikut-ikutan Habib saja atau memang itu sunnah Rasulullah?
….

Re: Habib Munzir al Musawa
Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Cahaya Keluhuran Nya semoga selalu menaungi hari-hari Anda
Menggunakan cincin adalah sunnah Rasul saw. Berpuluh-puluh hadits shahih dalam shahih Bukhari, Muslim, Tirmidzi dll. menjelaskan hal itu. Sebagaimana diriwayatkan bahwa Cincin Rasul saw itu terbuat dari perak dan Rasul saw memakai cincin di tangan kanannya. Dalam riwayat Imam Tirmidzi juga dijelaskan bahwa Cincin itu kemudian dipakai oleh Abubakar Asshiddiq ra, lalu kemudian dipakai Umar ra, lalu ketangan Usman bin Affan ra, lalu terjatuh ke sumur Aris (Assyama’il Imam Tirmidziy hadits no.95)
Pula riwayat lain bahwa Rasul saw memakai cincin terbuat dari perak di jari kelingking beliau saw (Shahih Muslim hadits no.2095).
Rasul saw memakai cincin di kelingkingnya (Shahih Bukhari hadits no.5536).
Rasul saw melarang menggunakan cincin di jari tengah dan telunjuk (Shahih Muslim hadits no.2078).
Berkata Anas ra: “Bahwasanya cincin Rasul saw ditanganku, lalu setelahku dipakai oleh Abubakar, dan setelah dari tangan Abubakar ra pada tangan Umar, lalu pada tangan Usman, dan terjatuh di sumur Aris, hingga tiga hari kami mencarinya dan kami tak menemukannya” (Shahih Bukhari hadits no.5540).
….

### Forum Tanya Jawab 2007/07/09
Rasul saw diriwayatkan pada shahih Bukhari memakainya di kiri, namun Hasan dan Husein ramemakainya di kanan, namun Guru Mulia kita memakainya di kanan karena terkait hadits beliau saw bahwa Rasul saw menyukai bagian kanan pada segala perbuatannya daripada kiri, dan Guru Mulia kita sesekali memakai di kiri, untuk menghargai dan mengamalkan pula riwayat bahwa beliau saw memakai di kiri.
....
Demikian pula para sahabat menggunakannya, dan menggunakan cincin perak bagi pria hukumnya sunnah. Yang diharamkan bagi pria adalah cincin emas.
“Apakah ada hadist dan hukumnya bagi kaum lelaki yang memakai cincin emas putih?” Tak ada hadits menyebutkannya, namun telah sepakat para ulama dan Muhadditsin bahwa yang diharamkan bagi pria adalah emas, dan emas dalam bahasa Arab adalah Dzahab, dan Dzahab adalah emas yang berwarna kuning. Mengenai emas putih maka pria boleh memakainya, sebab bukan Dzahab dalam pengertian syariah yaitu emas kuning

### Forum Tanya Jawab 2009/09/16
Saudariku yang kumuliakan,
Bagi wanita pun hal itu sunnah, karena istri Rasul saw pun memakai cincin. Namun saya belum menemukan riwayat yang shahih di jari yang mana disunnahkan. Maka boleh di jari mana saja untuk wanita, asalkan tidak memakainya karena mengikuti adat non muslim.

Ingin membaca cerita lainnya?
Klik KEMBALI KE DAFTAR ISI

2 komentar:

indiescoeba@gmail.com mengatakan...

assalamu'alaikum
semoga banyaknya bermunculan majlis yang dibimbing para habbaib menjadi penerang bangsa Indonesia dan jauh dari bencana.
ammmin

Shofa el Farozdaq mengatakan...

aamiin

Posting Komentar